Jenis-Jenis Bola
adjar.id - Olahraga adalah aktivitas yang melibatkan fisik.
Olahraga dapat dilakukan dengan santai untuk hiburan atau bisa juga untuk kompetisi.
Nah, ada dua macam permainan olahraga, yaitu permainan bola besar dan bola kecil.
Olahraga tersebut dilakukan dengan peralatan tertentu sehingga menghasilkan karakteristik tersendiri.
Berikut ini adalah jenis-jenis permainan olahraga bola besar dan kecil.
Permainan bola besar adalah permainan yang dilakukan berkelompok dengan bantuan alat berupa bola dengan diameter lebih dari 50 cm.
Jenis permainan bola besar, yaitu:
Sepak bola adalah permainan bola besar yang dimainkan dengan tujuan menendang atau mengoper bola agar dapat memasukkannya ke dalam gawang lawan.
Permainan sepak bola sudah ada sejak pada abad ke-2 Masehi.
Baca Juga: Contoh Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Besar
Pada zaman tersebut permainan sepak bola dimainkan dengan bola kulit kecil dan jaring.
O iya, ada tiga teknik dasar dalam permainan sepak bola, yaitu menggiring, menendang, dan mengontrol bola.
Basket adalah permainan bola besar yang dimainkan dengan cara melempar bola atau mengoper bola dengan tujuan memasukan bola ke dalam ring lawan.
Permainan bola basket tercipta ketika seorang guru menciptakan permainan yang dilakukan dengan melempar bola ke dalam keranjang pada tahun 1891.
Beberapa teknik dasar permainan basket, yaitu passing, dribbling, dan shooting.
Voli adalah permainan bola besar yang dimainkan dengan cara melempar bola agar jatuh di daerah lawan yang dibatasi dengan jaring net.
Permainan bola voli pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan dan awalnya disebut mintonette.
Teknik dasar permainan voli di antaranya servis, passing, spike, dan blocking.
"Jenis permainan bola besar meliputi sepak bola, basket, dan voli."
Baca Juga: Peraturan Permainan pada Bola Basket
Permainan bola kecil adalah permainan yang dilakukan secara kelompok atau individu dengan bantuan alat berupa bola berukuran kecil.
Jenis permainan bola kecil, yaitu:
Tenis meja adalah permainan bola kecil yang dimainkan di atas meja khusus dengan net di tengah meja tersebut.
Tenis meja menggunakan bet untuk memukul bola yang terbuat dari plastik, permainan tenis meja bertujuan untuk menjatuhkan bola di daerah lawan hingga tidak bisa dikembalikan.
Bulu tangkis adalah permainan bola kecil yang menggunakan raket dengan tujuan menjatuhkan shuttlecock di daerah lawan.
Bulu tangkis dilakukan pada lapangan dengan jaring net di tengahnya.
Dalam permainan bulu tangkis ada beberapa teknik dasar, seperti servis, netting, smash, lob, dan drop shot.
Baca Juga: 15 Peraturan Permainan Olahraga Tenis
Kasti adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim. Nah, masing-masing tim terdiri dari 12 anggota, Adjarian.
Satu tim bertugas sebagai penjaga dan tim lainnya sebagai regu pemukul.
Nah, itulah jenis-jenis permainan bola besar dan kecil.
(Penulis: Ferdian Jiu)
Tonton video berikut, yuk!
tirto.id - Ada berbagai jenis pelanggaran dalam permainan bola basket, salah satu yang sering terjadi adalah walking atau travelling. Ketika pemain tidak men-dribble bola lebih dari dua langkah saat berlari atau berjalan, ia dianggap melakukan pelanggaran walking.
Macam macam pelanggaran dalam bola basket selain pelanggaran travelling basket, antara lain carrying, double drible, backcourt, pelanggaran 24 detik, dan masih ada beberapa jenis pelanggaran bola basket lainnya yang akan dibahas pada artikel ini.
Dalam permainan basket, bola hanya boleh dibawa dalam dua langkah. Pemain harus selalu memantulkan bola di lapangan basket ketika menggiringnya ke arah lawan, demikian dikutip dari Official Basketball Rules (2020) yang diterbitkan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).
Jika bola basket dibawa lebih dari dua langkah, pemain dianggap sudah melanggar aturan permainan. Pelanggaran aturan ini dikenal dengan istilah violation.
Pada saat salah satu pemain melakukan pelanggaran travelling dalam permainan basket, bolanya harus diserahkan ke kelompok lawan (turnover). Penyerahan bola ke tim lawan itu adalah bentuk sanksi atas pelanggaran walking.
Secara definitif, olahraga bola basket adalah sebuah permainan invasi yang dilakukan 2 tim yang saling berlomba untuk memasukkan bola ke ring lawan.
Setiap bola yang berhasil masuk ring lawan akan mendapatkan poin. Tim yang memperoleh poin lebih banyak dianggap memenangkan pertandingan.
Terdapat sejumlah pelanggaran bola basket yang perlu dihindari oleh pemain. Pelanggaran di permainan bola basket, secara umum terbagi menjadi dua, yaitu violation dan foul.
Violation adalah pelanggaran terhadap aturan permainan bola bakset. Adapun foul merupakan pelanggaran yang dilakukan langsung terhadap pemain lawan.
Berikut macam-macam pelanggaran dalam permainan basket, sebagaimana dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2019) yang ditulis Bari Budi Kusuma.
Jenis-jenis Ikan Salmon
Jenis Pelanggaran dalam Bola Basket Kategori Violation
Violation dalam bola basket terdiri dari enam jenis pelanggaran yang harus dihindari pemain. Penjelasan jenis-jenis violation basket adalah sebagai berikut.
1. Walking atau Travelling
Seorang pemain dinyatakan melakukan walking ketika ia membawa bola lebih dari dua langkah tanpa melakukan dribble. Sanksi bagi pemain yang melakukan walking adalah turnover atau perpindahan bola.
Ketika pemain menahan bola dengan dua tangan saat melakukan dribble, ia dianggap melakukan carrying. Hukuman bagi pelakunya adalah perpindahan bola, sama seperti walking.
Pelanggaran double dribble dilakukan ketika pemain menggiring bola setelah berhenti berjalan atau berlari. Idealnya, pemain yang selesai menggiring bola harus mem-passing atau menembakkan bola yang ia bawa, tidak menggiringnya kembali.
Bola yang mengarah ke ring tidak boleh diblok. Saat pemain melakukan blok, ia dianggap melakukan pelanggaran goaltending.
5. Pelanggaran Three Seconds
Pelanggaran jenis ini terjadi ketika ada pemain yang tidak bergerak di paint area selama tiga detik. Pemain yang berdiri di paint area harus aktif bergerak, baik saat offence (menyerang) atau defence (bertahan).
Jika tidak bergerak selama tiga detik, pemain dianggap melakukan pelanggaran three second sehingga harus ada turnover.
6. Pelanggaran Backcourt
Pelanggaran backcourt adalah jenis pelanggaran saat seorang pemain melakukan dribble kembali ke area pertahanan sendiri, setelah melewati garis tengah lapangan. Sanksinya adalah pergantian bola basket ke tim lawan.
7. Pelanggaran 24 Detik atau 24 Seconds Violation
Ketika suatu tim menguasai bola, batas waktunya adalah 24 detik. Ketika tidak memasukkan bola dalam waktu tersebut, maka bola akan diserahkan ke pihak lawan.
8. Pelanggaran Shot Clock
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penguasaan bola hanya diberikan waktu 24 detik. Tim yang melebihi batas 24 detik, baru kemudian melakukan shooting tidak akan dihitung poin, meskipun bola masuk ke keranjang.
9. Pelanggaran 5 Detik atau Five Seconds Violation
Pemain bola basket tidak boleh menahan bola lebih dari lima detik tanpa melakukan dribble. Jika pelanggaran 5 seconds dilakukan, sanksinya, bola akan diberikan ke lawan melalui throw-in atau lemparan ke dalam.
Bus P1394 / Fire Wire
Merupakan sebuah standar/spesifikasi bus input/output serial yang berkecepatan tinggi dan bersifat umum (non-proprietary) yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat digital seperti halnya komputer pribadi dan perangkat lainnya (kamera digital, jaringan, dan lain-lain). Spesifikasi ini dikembangkan dan diusulkan oleh Apple Computer untuk menghubungkan perangkat-perangkat digital ke komputer pribadi pada kecepatan hingga 393 megabit per detik (dibulatkan menjadi 400 megabit per detik).
Semakin pesatnya kebutuhan bus I/O berkecepatan tinggi dan semakin cepatnya prosesor saat ini yang mencapai 1 GHz, maka perlu diimbangi dengan bus berkecepatan tinggi juga. Bus SCSI dan PCI tidak dapat mencukupi kebutuhan saat ini. Sehingga dikembangkan bus performance tinggi yang dikenal dengan FireWire (P1393 standard IEEE). P1394 memiliki kelebihan dibandingkan dengan interface I/O lainnya, yaitu sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Pada kenyataan P1394 tidak hanya popular pada system computer, namun juga pada peralatan elektronik seperti pada kamera digital, VCR, dan televise. Kelebihan lain adalah penggunaan transmisi serial sehingga tidak memerlukan banyak kabel.
IEEE-1394 bersifat independen terhadap platform (dapat berjalan di banyak platform komputer, mulai dari x86, IBM PowerPC, DEC Alpha, dan lainnya), dapat diperluas, dan fleksibel karena dapat disusun secara daisy-chain dan peer-to-peer. Integritas standar IEEE-1394 pun tinggi, karena memang dalam standar tersebut tidak ada proses konversi sinyal digital menjadi sinyal analog sebelum ditransmisikan.
IEEE-1394 dapat mendukung fitur hot-swapping terhadap perangkat (dengan kata lain, IEEE-1394 mengizinkan sebuah perangkat dipasang atau dilepaskan di saat komputer menyala tanpa harus mematikan komputer). Jika disusun secara daisy-chain, sebuah bus IEEE-1394 dapat mendukung hingga 63 perangkat. Selain itu, jika dibutuhkan, bus-bus IEEE-1394 tersebut dapat digabungkan menjadi satu buah interkoneksi (hingga 1023 bus) untuk mendukung lebih banyak perangkat lagi. Lagi, IEEE-1394 juga mendukung transmisi aliran data serta video secara asynchronous dan isochronous.
Pesaing utama dari bus ini adalah bus Universal Serial Bus (USB), yang banyak digunakan di dalam komputer pribadi berbasis Intel x86 atau kompatibelnya. Meskipun demikian, USB pada awalnya kurang begitu diminati untuk membuat perangkat berkecepatan tinggi, mengingat kecepatannya yang hanya sebatas 12 megabit per detik, sehingga IEEE-1394 pun menjadi pilihan untuk itu. Saat USB 2.0 dirilis, yang menawarkan kecepatan hingga 480 megabit per detik, USB pun mulai banyak digunakan di dalam industri perangkat berkecepatan tinggi, selain tentunya IEEE-1394 yang telah terlebih dahulu menjadi pilihan.
Contoh implementasi IEEE-1394 yang populer digunakan adalah FireWire oleh Apple Computer dan iLink oleh Sony.
Porta grafik terakselerasi atau Bus AGP (singkatan dari Accelerated Graphics Port) adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.
Spesifikasi AGP 1.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dan menggunakan pensinyalan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Meskipun demikian, pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x, karena beberapa alasan teknis.
Selain empat spesifikasi AGP di atas, ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGP Pro. Versi 1.0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1.1a pada bulan April 1999. AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa, dengan tambahan pada daya yang dapat didukungnya, yakni hingga 110 Watt, lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt. Jika dilihat dari daya yang dapat disuplainya, terlihat dengan jelas bahwa AGP Pro dapat digunakan untuk mendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ditujukan untuk workstation graphics, semacam ATi FireGL atau NVIDIA Quadro. Meskipun demikian, AGP Pro tidaklah kompatibel dengan AGP biasa: kartu grafis AGP 4x biasa memang dapat dimasukkan ke dalam slot AGP Pro, tapi tidak sebaliknya. Selain itu, karena slot AGP Pro lebih panjang, kartu grafis AGP 1x atau AGP 2x dapat tidak benar-benar masuk ke dalam slot sehingga dapat merusaknya. Untuk menghindari kerusakan akibat hal ini, banyak vendor motherboard menambahkan retensi pada bagian akhir slot tersebut: Jika hendak menggunakan kartu grafis AGP Pro lepas retensi tersebut.
Selain faktor kinerja video yang lebih baik, alasan mengapa Intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara langsung, yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan, dengan biaya integrasi yang relatif lebih rendah. AGP mengizinkan penggunaan kartu grafis yang langsung mengakses RAM sistem, sehingga kartu grafis on-board dapat langsung menggunakan memori fisik, tanpa harus menambah chip memori lagi, meski harus dibarengi dengan berkurangnya memori untuk sistem operasi.
Mulai tahun 2006, AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16, yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik, yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja.)
Bus MCA (Micro Channel Architecture) adalah sebuah bus I/O ber-bandwidth 32-bit yang digunakan dalam beberapa komputer mikro. Bus ini dibuat oleh IBM yang ditujukan untuk menggantikan bus ISA 8-bit/16-bit yang lambat, selain tentunya untuk menghadapi masalah bottleneck yang terjadi akibat kecepatan prosesor yang semakin tinggi tapi tidak diimbangi dengan kecepatan bus I/O. Komputer yang menggunakan bus ini pun hanya sedikit, mengingat memang IBM mewajibkan para vendor untuk membayar royalti kepada iBM untuk mendapatkan lisensi bus MCA. Karena hal ini banyak vendor yang kurang setuju dengan IBM membuat “partai oposisi”, dengan membuat bus EISA.
Kebutuhan terhadap sebuah bus I/O yang lebih cepat datang akibat bus ISA mengalami bottleneck. Prosesor Intel 80386DX merupakan prosesor 32-bit yang dapat mentransfer data hingga 32 bit dalam satu waktunya, tapi ISA hanya dapat mentransfer 16 bit saja. Daripada menambahkan pin lagi terhadap bus ISA, IBM memutuskan untuk membuat sebuah bus baru, yang kemudian menjadi bus MCA. Berbeda dengan EISA yang mendukung konsep backward compatibility, bus ini adalah benar-benar baru, yang sama sekali tidak kompatibel dengan ISA 8-bit/16-bit.
Sistem MCA juga menawarkan perubahan lainnya: pengguna dapat menancapkan kartu MCA ke dalam slotnya tanpa harus mengubah-ubah setting jumper untuk menentukan sumber daya yang hendak digunakan (IRQ Channel, DMA Channel, atau memory base address). Fitur ini mirip dengan apa yang kita kenal sekarang sebagai fitur plug-and-play, meski masih terkesan primitif. Karenanya, kartu MCA tidak memiliki jumper atau DIP Switch untuk mengatur sumber daya, tapi menawarkan perangkat lunak yang dapat mengaturnya. Umumnya, MCA memiliki dua jenis disket untuk konfigurasi perangkat keras: Option Disk dan Reference Disk. Reference Disk merupakan disket yang datang sistem komputer yang mengintegrasikan bus MCA, sementara Option Disk datang dengan kartu MCA yang bersangkutan. Setelah kartu dipasang, pengguna tinggal menginstalasikan berkas-berkas dari Option disk ke dalam Reference Disk, setelah itu kartu pun akan berjalan. Reference Disk mengandung beberapa program dan BIOS yang dibutuhkan untuk mengatur sistem MCA, dan sistem tidak dapat dikonfigurasikan tanpanya.
MCA berjalan dalam kecelatan 5 MHz, pada bandwidth 32-bit, sehingga dapat mentransfer data hingga 20 MByte/detik. Selain versi 32-bit biasa, IBM juga membuat beberapa variasi bus MCA, yakni sebagai berikut.
Macam-macam Pelanggaran Bola Basket Kategori Foul
Foul dalam permainan basket terdiri dari enam pelanggaran. Penjelasantentang masing-masing jenis foul dalam permainan basket adalah sebagai berikut.
Ketika pemain melakukan pelanggaran secara perorangan, ia dianggap sudah melakukan personal foul. Contoh personal foul adalah ketika pemain memukul, mendorong, dan menampar lawan di lapangan basket.
Personal foul juga terjadi ketika pemain melakukan kontak fisik ilegal untuk menjegal jalur pemain lawan. Hukuman bagi personal foul adalah lemparan bebas (free throw) atau foul out.
Menurut peraturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), maksimal foul bagi seorang pemain dalam pertandingan bola basket adalah empat kali.
Pelanggar tersebut akan dikeluarkan jika sudah mencapai foul kelima. Akan tetapi, di kompetisi basket NBA, maksimal foul seorang pemain adalah lima, Pemain baru akan dikeluarkan jika terjadi foul keenam.
Technical foul atau pelanggaran teknis tidak hanya dikenakan pada pemain saja, melainkan juga pelatih. Lazimnya, technical foul terjadi saat tata krama olahraga dilanggar sehingga mempengaruhi jalannya permainan basket.
Contoh technical foul adalah mengucapkan kata-kata kotor, melakukan protes ke wasit terus menerus, dan sebagainya.
Pelanggaran kepada lawan main secara sengaja dikenal sebagai intentional foul. Contohnya adalah mendorong lawan sehingga menghilangkan kemungkinan bola masuk ke keranjang.
Ketika pemain bermaksud membuat lawan cedera saat sedang berebut bola, ia dianggap melakukan flagrant foul. Pelanggaran ini termasuk foul tak etis yang berimbas pada free throw, technical foul, dan foul out untuk pelaku.
Sanksi paling berat bagi pelaku flagrant foul adalah skorsing.
5. Blocking Foul dan Charging Foul
Blocking foul adalah pelanggaran personal ilegal dengan cara memblokir jalur lawan sehingga tidak memperoleh posisi yang tepat untuk memasukkan bola ke dalam ring.
Sementara itu, charging foul adalah pelanggaran ofensif yang dilakukan dengan cara mendorong atau menabrak pemain bertahan tim lawan.
Jumlah akumulasi dari setiap foul disebut dengan team foul. Perhitungan pelanggaran ini bersifat per kuarter (10 menit).
Dalam setiap kuarter, sebuah tim hanya diperbolehkan melakukan empat kali foul. Jika terjadi pelanggaran team foul kelima, tim lawan akan mendapatkan lemparan bebas (free throw).
Kendati demikian, team foul ini tidak ada batasnya. Sanksinya hanya berupa free throw bagi pelaku team foul yang lebih dari empat kali.
Bobo.id - Permainan bola besar adalah permainan sekaligus disebut olahraga yang menggunakan alat berupa bola berukuran besar.
Permainan bola besar dimainkan tanpa alat bantuan, melainkan dengan bantuan tangan atau kaki kita.
Ada beragam jenis permainan bola besar yang dikenal oleh semua orang di dunia, namun 3 di antaranya paling universal dan mudah ditemukan.
Tiga jenis permainan bola besar yang dimaksud tersebut adalah sepak bola, bola voli, dan bola basket.
Nah, untuk mengenal jenis-jenis permainan bola besar tersebut, mari kita simak penjelasan berikut ini.
1. Permainan Sepak Bola
Dilansir dari buku Sepak Bola (2019) karya Ina Hasanah, permainan sepak bola sudah dikenal sejak tahun 255-206 SM (Sebelum Masehi), atau sekitar abad ke-2 hingga ke-3.
Di Tiongkok, permainan ini pertama kali dimainkan oleh tentara, sebagai bentuk latihan fisik. Latihan dengan cara sepak bola ini dilakukan pada zaman Chun Qiun Zhan Guo (Musim Sei Musim Gugur Negara Berperang).
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Pelajaran PJOK Olahraga Bola Tangan
Permainan sepak bola saat itu dikenal dengan nama Tsu Chu. Kata tsu memiliki arti menerjang bola dengan kaki, sedangkan kata chu berarti bola dari kulit yang ada isinya.
Selain itu, sepak bola juga sudah dimainkan di Mesoamerika. Mesoamerika adalah wilayah yang membentang dari Meksiko hingga Kosta Rika.
Di Mesoamerika, olahraga ini dimainkan dengan bola yang terbuat dari resin (getah) pohon. Permainan ini cukup terkenal dalam budaya Mesoamerika, seperti suku Teotihuacanos, suku Aztec, dan suku Maya.
Berjalannya waktu, permainan sepak bola terus berkembang di setiap negara.
Namun, sayangnya belum ada aturan paten yang menentukan jalannya permainan serta pelanggaran yang dilarang untuk pemain, sehingga permainan berjalan dengan kasar.
Oleh sebab itu, Raja Edward III dari Inggris dan Raja James I dari Skotlandia pernah melarang permainan sepak bola dimainkan lagi.
Akhirnya, pada tahun 1863 di Freemasons Traver dibuat aturan buku untuk pemainan sepak bola ini.
Sejak saat itulah, pada 21 Mei 1904 didirikan induk organisasi sepak bola dunia dengan nama Federation Internationale de Football Association (FIFA).
Saat itu FIFA didirikan oleh Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Swiss, Spanyol, serta Swedia. Lalu, pada tahu tahun 1930, kejuaraan sepak bola pun pertama kali diadakan di Uruguay.
Baca Juga: Cara Melakukan Passing Atas dan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli
Ukuran lapangan sepak bola standar nasional adalah panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter dengan radius lingkaran tengah 9,15 meter.
Dengan dilengkapi luas kotak kiper: 18,3 x 5,5 meter dan luas kotak penalti: 40,3 x 16,5 meter.
Pada pertandingan resmi, sepak bola dimainkan dalam dua babak. Setiap babak dimainkan selama 45 menit.
Jadi, lama pertandingan sepak bola adalah 2x45 menit, dengan antarbabak diselingi dengan waktu istirahat selama 15 menit.
2. Permainan Bola Voli
- Sejarah Permainan Bola Voli
Sebagai salah satu jenis permainan bola besar, permainan bola voli adalah permainan menggunakan bola besar yang dilakukan dengan tangan, secara beregu.
Baca Juga: 3 Jenis Teknik Melempar Bola pada Permainan Bola Kasti: Lempar Melambung, Datar, dan Rendah
Permainan bola voli berasal dari negara Amerika Serikat. Permainan bola voli pada awalnya bernama Mintonette.
Permainan bola voli diciptakan oleh seseorang bernama William G. Morgan di Amerika Serikat pada 1985. Ia lahir di Lockport, New York, pada 1870.
William G. Morgan merupakan seorang instruktur olahraga di Young Men's Christian Association (YMCA) di Holyoke, Massachusetts.
Pada 1985, Morgan memutuskan untuk memadukan unsur-unsur permainan bola basket, tenis, dan bola tangan untuk membuat jenis permainan baru yang memiliki lebih sedikit kontak fisik dari basket.
Morgan kemudian menciptakan permainan yang disebut "volleyball" atau bola voli, yang kala itu diberi nama Mintonette.
Menurut Morgan, permainan ciptaannya itu tidak cocok dimainkan di gimnasium atau ruangan, tetapi juga bisa dimainkan di luar ruangan.
Bentuk permainan yang diciptakan William G. Morgan itu adalah sejumlah pemain menjaga bola tetap bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain di atas jaring (net) yang diangkat setinggi 6 inci di atas lantai.
Lapangan yang digunakan untuk bermain bola voli berukuran panjang dan lebar, yaitu 18 x 9 meter.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Permainan Sepak Bola
Net berfungsi sebagai pembatas antara dua tim yang saling bertanding. Ternyata, tinggi net untuk permainan bola voli perempuan dan laki-laki berbeda, teman-teman.
Tinggi net untuk laki-laki adalah 2,43 meter, dan untuk perempuan adalah 2,24 meter.
Dalam satu tim bola voli terdiri atas enam orang. Satu orang bertugas sebagai pengumpan, satu orang sebagai libero, dan empat orang sebagai penyerang.
Setiap pertandingan terdiri atas lima set/babak, yang tiap babak terdiri atas 21 poin/angka. Permainan bola voli tidak dibatasi berapa jam atau menit, melainkan dibatasi dalam jumlah set.
Maksimal satu permainan bola voli adalah 3 set, tim yang memenangkan 2 set akan keluar menjadi pemenang.
- Sejarah Permainan Bola Basket
Bola basket adalah olahraga dengan bola yang dilakukan secara berkelompok, dengan dua kelompok yang bermain.
Baca Juga: Macam-Macam Jenis Servis dalam Permainan Bola Voli, Materi PJOK Kelas 3 SD
Permainan bola basket pertama kali dimulai di negara Amerika Serikat dan pertama kali hadir pada tanggal 1 Desember 1891.
Permainan beregu ini diciptakan oleh James Naismith yang merupakan direktur pendidikan jasmani Kanada-Amerika.
Selain itu, James Naismith juga merupakan guru dari Sekolah Pelatihan Internasional Youg Mens's Christian Association (YMCA), yang berada di Spingfild, Massachusetts, Amerika Serikat.
Terciptanya permainan ini dengan alasan untuk menggantikan permainan luar ruangan, karena itu permainan bola basket bisa dilakukan di dalam ruangan.
Pada awalnya permainan ini dimainkan oleh sembilan orang di setiap regu, karena pelajar di kelas jasmani tempatnya saat itu berjumlah 18 orang.
Namun jumlah pemain menjadi berkurang hingga hanya ada lima orang setiap tim.
Berdasarkan standar Nasional Basketball Association (NBA), lapangan bola basket berukuran panjang 28,65 meter dan 15,25 meter.
Pada bagian dalam lapangan ada beberapa garis dan lingkaran yang menjadi bagian aturan dalam permainan.
Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Perolehan Poin dalam Permainan Bola Basket?
Lingkaran tengah pada lapangan basket ini memiliki ukuran 3,66 meter.
Lalu pada garis three point memiliki bentuk setengah lingkaran dan berada tepat di depan ring basket. Jarak terjauh dari ring hingga garis three point adalah 6,72 meter.
Jumlah pemain dari setiap tim terdiri dari lima orang pemain dan beberapa pemain yang menjadi cadangan.
Tim yang menang adalah tim yang dapat memperoleh poin atau memasukkan bola ke ring lebih banyak daripada tim lawan.
Dalam satu kali permainan, terdapat 4 Quarter (babak). Setiap Quarter berlangsung selama 10 menit, menurut Federation Basketball International Association (FIBA).
Sementara durasi permainan menurut National Basketball Association (NBA), adalah 4 x 12 menit. Artinya satu Quarter berlangsung selama 12 menit.
Nah, dengan durasi tersebut, setiap tim harus saling mengejar poin untuk menjadi pemenang permainan.
----------------------------------
1. Sejarah permainan sepak bola (Halaman 1-2)
2. Ukuran lapangan sepak bola (Halaman 3)
3. Aturan permainan sepak bola (Halaman 3)
4. Sejarah permainan bola voli (Halaman 3-4)
5. Ukuran lapangan bola voli (Halaman 4)
6. Aturan permainan bola voli (Halaman 5)
7. Sejarah permainan bola basket (Halaman 5-6)
8. Ukuran lapangan bola basket (Halaman 6)
9. Aturan permainan bola basket (Halaman 7)
Tonton video ini juga, yuk!
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan
Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.
Belajar Empati dengan Berbagi, SPK Jakarta Nanyang School Kunjungi Panti Asuhan Desa Putera
Mempelajari jenis-jenis ikan Salmon termasuk karakteristik dan dampak kehadiran mereka dalam ekosistem.
Salmon adalah kelompok spesies ikan air tawar dan air asin yang termasuk dalam familia Salmonidae.
Dikenal karena migrasi jarak jauhnya, ikan salmon sering menjadi objek kajian biologis dan populer dalam dunia kuliner.
Dengan kehadirannya yang berada di kedua belahan dunia, dari Samudra Pasifik hingga Samudra Atlantik, ikan salmon menjadi simbol ekosistem perairan yang sehat dan keberlanjutan.
Secara biologis, ikan salmon dikategorikan dalam genus Oncorhynchus dan Salmo, tergantung pada spesiesnya.
Mereka dikenal memiliki siklus hidup yang kompleks, dengan fase pemijahan di sungai dan migrasi laut yang panjang.
Selain itu, keistimewaan nutrisi dari daging salmon telah menjadikannya primadona di dunia kuliner.
Dalam artikel ini, Ikanpedia akan menjelaskan mengenai jenis-jenis ikan salmon, termasuk karakteristik biologis, migrasi, dan kehadiran di berbagai belahan dunia.
Apa Ada Jenis Ikan Salmon di Indonesia?
Indonesia tidak memiliki jenis ikan salmon lokal. Salmon secara alami ditemukan di perairan laut yang lebih dingin, seperti Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.
Sebagian besar spesies salmon berasal dari perairan laut tersebut dan kemudian bermigrasi ke sungai-sungai di wilayah tersebut untuk berkembang biak.
Indonesia, sebagai negara dengan iklim tropis dan suhu air yang lebih hangat, tidak menyediakan lingkungan yang sesuai untuk keberadaan salmon secara alami. Oleh karena itu, ikan salmon tidak dapat ditemukan di perairan Indonesia sebagai spesies asli atau ikan lokal.
Baca juga: 15 Ikan Predator Air Tawar yang Menakjubkan
Dengan ragam spesies seperti Chinook, Coho, Sockeye, Pink, Chum, dan Atlantic salmon, kehidupan ikan ini membentuk siklus yang tak hanya memperkaya ekosistem perairan, tetapi juga memberikan sumbangan penting dalam bidang kuliner dan ekonomi.
Setiap jenis salmon memiliki karakteristik khasnya sendiri, mulai dari warna merah menyala hingga rasa daging yang lezat.
Keberagaman ini mencerminkan keanekaragaman lingkungan perairan tempat mereka hidup dan memberikan pelajaran tentang betapa rapuhnya keseimbangan ekosistem ikan salmon.
Meskipun ikan salmon telah dimanfaatkan secara ekonomi oleh manusia selama berabad-abad, tantangan konservasi dan manajemen yang bijaksana diperlukan untuk melindungi masa depan mereka.
Hilangnya habitat, perubahan iklim, dan aktivitas manusia memerlukan tindakan bersama untuk memastikan kelangsungan hidup salmon dan menjaga keberlanjutan ekosistem perairan.
Dengan kepedulian tinggi, kita bisa memastikan kelangsungan hidup jenis-jenis ikan salmon yang luar biasa ini, sehingga kita bisa terus menikmati keindahan dan manfaat yang mereka bawa ke dunia ini.
Banyak perusahaan yang mengembangakan bus-bus antarmuka terutama untuk perangkat peripheral. Diantara jenis bus yang beredar di pasaran saat ini adalah, ISA, PCI, Fire Wire, SCSI, AGP, USB, MCA dan lain-lain. Semua memiliki keunggulan, kelemahan, harga, dan teknologi yang berbeda sehingga akan mempengaruhi jenis-jenis penggunaannya.
PCI singkatan dari Pheriperal Component Interconnect, merupakan bus motherboard yang menangani beberapa perangkat keras seperti soundcard, Tv Tuner, modem , VGA card seri lama seperti yang digunakan pada Intel Pentium 386 hingga Pentium II.
Munculnya PCI dimulai dari Laboratorium pengembangan Intel pada tahun 1990. Slot PCI menggantikan MCA dan EISA yang pada saat itu hanya itu kepentingan computer server. Tapi pada saat penggunaan maksimal, PCI lebih lambat dari VESA local bus (VLB) dan keberadaan PCI tidak begitu diterima oleh pasar sehingga dihentikan. Dan digantikan oleh AGP. Pada tahun 2004,
muncul PCI Express sebagai pengganti Slot AGP yang kecepatannya mencapai delapan puluh gigabyte per detik. Umumnya Slot PCI dan PCI express berwarna putih dan slot AGP berwarna coklat.
Cara kerja PCI adalah Instruksi dari proses masuk Interkoneksi (FSB/HT/DMI) menuju slot PCI. Dari slot kemudian masuk ring- bus VGA (jika yang diproses adalah visual atau souncard jika yang diproses adalah suara). Tekstur yang telah selesai diproses, disimpan dalam VRAM begitu semua tekstur lengkap dari alamat dikirim per frame atau part atau bagian . ke prosesor kemudian dibagikan ke koresponden ( Port VGA, audio, atau modem).
PCI Express adalah Slot ekspansi module, yang di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama, sekarang sudah banyak motherboard yang mengadopsi PCI Express karena PCI Express mempunyai kelebihan memiliki transfer data yang lebih cepat. Terutama untuk keperluan grafis 3D, Slot ini memiliki kecepatan 1x, 4x, 8x, 32x, tidak seperti PCI bus yang lama dengan sistem komunikasi paralel. Sistem PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2x dalam satu rute clock.
PCI-X (Peripherals Component Interconnect Extended). PCI-X adalah bus komputer dan expansion card yang meningkatkan kinerja Bus 32-bit PCI lokal untuk bandwidth yang lebih tinggi yang diminta oleh server. PCI-X adalah double-wide version dari PCI, berjalan hingga empat kali kecepatan clock, tetapi sebaliknya mirip dalam implementasi listrik dan menggunakan protokol yang sama.
Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981.
Bus ISA 8-bit merupakan varian dari bus ISA, dengan bus data selebar 8-bit, yang digunakan dalam IBM PC 5150 (model PC awal). Kecepatan bus ini adalah 4.77 MHz sebelum ditingkatkan menjadi 8.33 MHz pada IBM PC/AT, Karena memiliki bandwidth 8-bit, maka transfer rate maksimum yang dimilikinya hanyalah 4.77 Mbyte/detik atau 8.33 Mbyte/detik.
Bus ISA 16-bit adalah sebuah bus ISA yang memiliki bandwidth 16-bit, sehingga mengizinkan transfer rate dua kali lebih cepat dibandingkan dengan ISA 8-bit pada kecepatan yang sama. Bus ini diperkenalkan pada tahun 1984, ketika IBM merilis IBM PC/AT dengan mikroprosesor Intel 80286 di dalamnya.
Bus USB ( Universal Serial Bus ). Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya. Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi.
Bus EISA (Extended Indutry Standard Architecture) pada dasarnya adalah versi 32-bit dari bus ISA yang biasa. Tidak seperti MCA dari IBM yang benar-benar baru (arsitektur serta desain slotnya), pengguna masih dapat menggunakan kartu ISA 8-bit atau 16-bit yang lama kedalam slot EISA, sehingga hal ini memiliki nilai tambah: Kompatibilitas ke belakang (backward compatibility).
Seperti halnya bus MCA, EISA juga mengizinkan konfigurasi kartu EISA secara otomatis dengan menggunakan perangkat lunak, sehingga bisa dibilang EISA dan MCA adalah pelopor “plug-and-play”, meski masih primitif. dari bawah ke atas: EISA, ISA dan XT konektor.
EISA lebih disukai oleh produsen karena sifat kepemilikan MCA, dan bahkan menghasilkan beberapa mesin IBM mendukungnya. Ini agak mahal untuk diterapkan (meskipun tidak sebanyak AMK), sehingga tidak pernah menjadi sangat populer di PC desktop. Namun, itu cukup berhasil di pasar server, seperti yang lebih cocok untuk bandwidth-intensif tugas (seperti akses disk dan jaringan). Kartu EISA paling banyak diproduksi entah SCSI atau kartu jaringan. EISA juga tersedia pada beberapa mesin non-IBM kompatibel seperti AlphaServer , HP 9000 -D, SGI Indigo2 dan MIPS Magnum.
Para EISA komputer yang pertama pergi ke pasar adalah Compaq Deskpro 486 dan SystemPro . Para SystemPro, menjadi salah satu PC-gaya sistem pertama kali dirancang sebagai jaringan Server , dibangun dari bawah ke atas untuk mengambil keuntungan penuh dari bus EISA. Ini termasuk fitur seperti multiprocessing , perangkat keras RAID , dan bus-mastering kartu jaringan.
Small Computer System Interface (SCSI) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipopulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuan besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan 8,16, atau 32 saluran data.
Small Computer System Interface (SCSI) merupakan set standar untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer Data antara komputer dan periferal . SCSI mendefinisikan perintah, protokol (komputer) dan antarmuka listrik dan optika . SCSI ini paling sering digunakan untuk Cakram Keras, tetapi dapat menghubungkan berbagai perangkat lain, termasuk pemindai dan drive CD . SCSI mendefinisikan set perintah secara spesifik untuk jenis periferal, sesuatu yang “tidak diketahui – unknown¬” sebagai salah satu jenis yang mengartikan bahwa secara Teori dapat digunakan sebagai antarmuka ke hampir perangkat apapun, namun standar ini sangat pragmatis dan ditujukan terhadap persyaratan komersial . Setiap perangkat melekat pada bus komputer SCSI dengan cara yang sama, terhitung sampai dengan 8 atau 16 perangkat yang dapat menempel pada bus komputer tunggal. SCSI menggunakan [sinyal|sinyal elektrik] berjabat tangan antar perangkat, SCSI-1, SCSI-2 memiliki pilihan untuk memeriksa kesalahan paritas. protokol (komputer) SCSI mendefinisikan komunikasi dari Nama host-ke- Nama host, Nama host-ke-periferal, periferal -ke-periferal. Namun sebagian besar periferal yang secara khusus merupakan target SCSI, tidak mampu bertindak sebagai insiator SCSI – tidak dapat melakukan transaksi SCSI sendiri. Oleh karena itu, komunikasi periferal -to-periferal jarang terjadi, tapi mungkin juga terjadi pada aplikasi SCSI umum. The Symbios Logic chip 53C810 adalah contoh dari antarmuka PCI Nama host yang dapat bertindak sebagai target SCSI.
SCSI tersedia dalam berbagai antarmuka. Yang pertama, masih sangat umum, adalah SCSI paralel (sekarang juga disebut SPI), yang menggunakan desain [[bus paralel listrik. Pada tahun 2008, SPI digantikan oleh Serial Attached SCSI (SAS), yang menggunakan desain serial tapi tetap mempertahankan aspek-aspek lain dari teknologi. Banyak antarmuka yang tidak bergantung pada standar SCSI lengkap masih melaksanakan perintah protokol (komputer) SCSI. Dengan munculnya SAS dan Serial ATA, SCSI di penyisihan papan induk sedang dihentikan.Beberapa perusahaan masih pasar SCSI antarmuka untuk papan induk mendukung PCIe dan PCI-X.
Perintah Protokol Komputer SCSI
Dalam terminologi SCSI, komunikasi terjadi antara inisiator dan target. Inisiator mengirim perintah untuk target yang kemudian merespon. Perintah SCSI dikirim dalam Command Descriptor Block (CDB). The CDB terdiri dari kode satu operasi byte diikuti oleh lima atau lebih byte yang berisi parameter perintah-spesifik. Ada empat kategori dari perintah SCSI: N (non-data), W (data tertulis dari inisiator ke target), R (membaca data), dan B (bidirectional). Selain itu, ada juga sekitar 60 perbedaan dari perintah SCSI secara total (dari yang paling umum) :
Chinook Salmon (King Salmon)
Chinook salmon (Oncorhynchus tshawytscha), juga dikenal sebagai salmon raja, merupakan salah satu spesies ikan salmon yang paling besar dan prestisius di dunia.
Chinook salmon dapat mencapai ukuran yang sangat besar, dengan beberapa individu yang dapat melebihi 1,5 meter panjangnya.
Mereka memiliki pola warna yang bervariasi, mulai dari merah, oranye, hingga kecoklatan, tergantung pada jenis dan tahap hidupnya.
Chinook salmon dapat ditemui di perairan Samudra Pasifik, dari pantai timur Rusia hingga pantai barat Amerika Utara, termasuk sungai-sungai besar seperti Sungai Columbia dan Sungai Yukon.
Chinook salmon memiliki nilai ekonomi dan komersial yang tinggi karena ukurannya yang besar dan kualitas dagingnya yang lezat. Dagingnya memiliki kandungan lemak yang tinggi, membuatnya sangat dicari dalam industri kuliner.
Chinook salmon tidak hanya penting secara ekologis sebagai bagian dari ekosistem perairan, tetapi juga memiliki dampak ekonomi dan sosial yang besar di wilayah-wilayah tempat mereka ditemukan.
Coho Salmon (Oncorhynchus kisutch), juga dikenal sebagai silver salmon, memiliki ukuran yang umumnya lebih kecil dibandingkan dengan Chinook salmon. Panjang rata-rata mereka berkisar antara 60 hingga 75 cm.
Pada saat dewasa, mereka memiliki tubuh yang ramping dengan warna punggung yang bervariasi dari hijau kebiruan hingga kecoklatan.
Coho salmon dapat ditemui di perairan Samudra Pasifik, termasuk pantai barat Amerika Utara, dari Alaska hingga California, serta di beberapa wilayah Asia Timur.
Daging Coho salmon diketahui memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang halus. Ini membuatnya menjadi pilihan populer dalam industri kuliner.
Coho salmon memiliki peran penting dalam ekosistem perairan, membawa nutrien dari laut ke sungai saat mereka kembali untuk berkembang biak. Nutrien ini mendukung kehidupan di ekosistem sungai.
Baca juga: 15 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Cocok untuk Pemula
Jenis-jenis ikan Salmon yang berikutnya adalah Sockeye Salmon (Oncorhynchus nerka).
Sockeye Salmon juga dikenal sebagai red salmon atau salmon merah, dikenal karena warna tubuhnya yang mencolok, terutama pada masa pemijahan di sungai, di mana tubuh dan kepala mereka berubah menjadi warna merah cerah.
Ikan ini memiliki sisik yang halus dan ukuran tubuh yang relatif kecil, rata-rata sekitar 60 hingga 84 cm.
Sockeye salmon dapat ditemui di perairan Samudra Pasifik, mulai dari pantai timur Rusia hingga pantai barat Amerika Utara.
Beberapa populasi sockeye salmon bermigrasi ke sungai-sungai di Alaska, British Columbia, dan Washington untuk pemijahan.
Sockeye salmon sering digunakan dalam berbagai hidangan kuliner, termasuk panggang, asap, atau dimasak dalam berbagai gaya masakan.
Sockeye salmon, dengan karakteristik khasnya, bukan hanya memiliki peran penting dalam ekosistem perairan tetapi juga menjadi sumber daya yang bernilai secara ekonomi dan kuliner di berbagai wilayah di sepanjang pantai Samudra Pasifik.
Pink Salmon (Oncorhynchus gorbusch) juga dikenal sebagai humpy salmon atau humpback salmon, cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan spesies salmon lainnya, dengan panjang rata-rata sekitar 30 hingga 60 cm.
Jenis ikan salmon ini memiliki bercak di bagian punggung dan ekornya, serta warna tubuh yang pucat.
Pink salmon dapat ditemui di perairan Samudra Pasifik, dan mereka memiliki distribusi yang cukup luas, termasuk di perairan Alaska, Siberia, dan sepanjang pantai barat Amerika Utara.
Pada saat pemijahan, warna tubuh pink salmon dapat berubah menjadi merah cerah atau keperakan, dan pada beberapa individu berubah menjadi warna hijau.
Karakteristik punggung dan ekor bercak-bercak terlihat lebih jelas selama periode pemijahan.
Pink salmon merupakan salah satu spesies salmon yang paling melimpah dan produktif secara ekonomi. Meskipun ukurannya lebih kecil, daging pink salmon dianggap sebagai sumber protein yang baik dan sering digunakan dalam produk ikan olahan.
Jenis-jenis ikan Salmon yang berikutnya adalah Chum Salmon (Oncorhynchus keta). Salmon ini juga memiliki nama lain atau julukan yaitu dog salmon atau keta salmon.
Chum salmon memiliki ukuran yang bervariasi, dengan panjang rata-rata berkisar antara 60 hingga 90 cm. Mereka dikenali oleh pola warna yang khas, termasuk punggung yang hijau kebiruan dan bagian perut yang lebih terang.
Chum salmon dapat ditemui di perairan Samudra Pasifik, termasuk di perairan pantai timur Rusia, Alaska, dan sepanjang pantai barat Amerika Utara.
Pada saat pemijahan, chum salmon mengalami perubahan fisik yang mencolok, termasuk warna tubuh yang berubah menjadi merah dan hijau tua.
Kepala chum salmon juga dapat mengalami perubahan bentuk, dengan rahang atas yang berkembang menjadi gigi yang besar.
Meskipun daging chum salmon memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan beberapa spesies salmon lainnya, mereka tetap memiliki nilai ekonomi yang signifikan. Chum salmon sering digunakan dalam produksi kalengan dan produk ikan olahan lainnya.
Chum salmon memiliki peran ekologis yang penting karena mereka membawa nutrien dari laut ke sungai selama pemijahan, mendukung kehidupan di ekosistem sungai.
Sisa-sisa tubuh chum salmon yang mati juga memberikan nutrien tambahan untuk ekosistem sungai.
Baca juga: 12 Jenis Ikan Arwana Beserta Harga dan Gambarnya
Atlantic Salmon (Salmo salar) adalah salah satu spesies ikan salmon yang memainkan peran kunci dalam industri perikanan dan budaya di wilayah Samudra Atlantik.
Populasi alami mereka mencakup wilayah mulai dari Amerika Utara (seperti Sungai Saint Lawrence) hingga Eropa Utara.
Atlantic salmon dapat mencapai ukuran yang besar, dengan beberapa individu yang dapat melebihi satu meter panjangnya. Mereka memiliki punggung yang biru-kehijauan dan perut perak.
Atlantic salmon memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan merupakan salah satu spesies salmon yang paling dicari dalam industri perikanan.
Dagingnya dikenal memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, sehingga sering dijadikan pilihan dalam hidangan kuliner.
Beberapa populasi Atlantic salmon telah menghadapi tantangan konservasi, termasuk hilangnya habitat, polusi, dan dampak negatif aktivitas manusia.
Pembesaran Atlantic salmon di perairan tertutup (aquaculture) telah menjadi sektor penting dalam produksi salmon, guna memenuhi permintaan pasar global.